Cara yg paling mudah untuk memulai usaha jamur tiram putih adalah dgn membeli baglog, tapi apakah baglog yg kita beli kualitasnya benar terjamin??? Berikut tips nya:

1- Berat baglog menentukan hasil panen jamur tiram putih.

Untuk baglog ukuran plastik 18×35 beratnya berkisar antara 1,5-1,7 kg. Baglog dgn ukuran ini seharusnya dapat menghasilkan sekitar 0,5-0,6 kg  jamur selama masa produktif(4x panen). Disini, baglog ukuran ini dijual dgn harga Rp.3500-5000,- Harga baglog dimasing2 daerah berbeda2, tergantung dari ketersediaan bahan produksi dan harga jamur tiram segar. Disini harga jamur tiram segar di tingkatan konsumen masih bagus berkisar Rp.25000,- dan Rp.20000,- di tingkatan agen/pengepul.

2-Kepadatan serbuk gergaji didalam baglog.

Ada baiknya melihat dulu proses pembuatan baglog yg akan kita beli, apakah menggunakan mesin/alat press atau hanya menggunakan botol bahkan ada yg tidak dipadatkan sama sekali. Karna semakin padat serbuk gergaji maka baglog akan semakin awet/tidak cepat habis.

3-Kualitas jamur dikumbung.

Ini adalah hal yg paling penting, tidak mungkin kita membeli baglog tapi tidak tahu hasilnya kan…? Sama saja dengan “beli kucing dalam karung”, jadi lebih baik anda melihat dulu jamur yang ada dikumbung tempat anda akan membeli baglog.

4-Bibit

Sebaiknya cek dgn benar, apakah produsen baglog bibitnya beli atau buat sendiri. Ya jelas saja, jika produsen baglog bibitnya masih beli otomatis kualitas bibitnya tidak jelas, berbeda dgn produsen baglog yg bibitnya buat sendiri sudah pasti kualitas bibitnya benar2 terjaga. Sebelumnya saya minta ma’af kepada produsen baglog yg bibitnya masih beli, bukan maksud saya menyudutkan, inikan hanya sebagai referensi saja. Karna banyak pengusaha jamur tiram yg beli baglog  gulung tikar gara2 hasil produksinya tidak sesuai, hal ini karna baglog yg dibeli tidak jelas.

5-Kondisi  miselium dan garansinya.

Umumnya para produsen baglog menjual baglog dgn kondisi miselium sekitar 30%, memang sih harganya lebih murah dibandingkan dgn yg kondisi miseliumnya 90%-100%, tapi kegagalan masih saja mungkin terjadi. Disamping itu pembeli juga masih harus menunggu lama baru bisa memperoleh hasil/panen. Jadi ada baiknya menanyakan dulu garansi dan kondisi miselium kepada produsen, namanya usaha tidak ada orang yg mau rugi kan….

Itu semua adalah sedikit tips dan semoga bermanfaat.

SILAHKAN HUBUNGI DAN KUNJUNGI KAMI
JAMUR KITA
JL. SEMPURNA NO. 42, PERDAMAIAN,  STABAT, KAB. LANGKAT, SUMATERA UTARA.
HP: 081396932332 – 081973410808

PIN: 24dbde84

*Siap kirim ke Aceh, Medan, Berastagi, Kabanjahe, Siantar, Tebing Tinggi, Kisaran, Rantau Prapat, Pekan Baru/Riau, Padang, Jambi, Palembang, Lampung.